Suhu di Siberia, Rusia Anjlok Hingga Minus 50 Derajat Celcius

1 min read

Siberia dihantam suhu minus 50 derajat Celsius, sementara Ibu Kota Moskow dilanda badai salju parah yang memecahkan rekor sehingga menyebabkan gangguan penerbangan saat musim dingin melanda Rusia.

Di Republik Sakha, tempat salah satu kota terdingin di dunia, Yakutsk, suhu anjlok di bawah minus 50 derajat Celcius, menurut stasiun cuaca di wilayah tersebut.

Suhu di Sakha turun di bawah minus 50 derajat Celsius akibat cuaca dingin dini yang tidak biasa, di wilayah yang hampir seukuran India.

Hampir seluruh wilayah Sakha terletak di zona permafrost atau lapisan tanah atau batuan yang terus-menerus membeku secara permanen. Di ibu kota wilayah, Yakutsk, yang berjarak sekitar 5.000 km ke timur dari Moskow, suhu berkisar antara minus 44-48 derajat Celsius.

Suhu minus 50 derajat Celcius semakin jarang terjadi dalam beberapa tahun terakhir karena perubahan iklim. Lapisan es menunjukkan tanda-tanda pencairan yang semakin meningkat.

Di ibu kota Rusia, beberapa hujan salju terbesar yang pernah terjadi menyebabkan penundaan di beberapa bandara pada Senin (4/12). Landasan pacu tertutup salju tebal.

Setidaknya 54 penerbangan ditunda dan lima lainnya dibatalkan di tiga bandara terbesar di ibu kota, kantor berita RIA melaporkan.

Suhu di Moskow diperkirakan anjlok hingga minus 18 derajat Celcius pada akhir pekan ini. [ah/rs]

You May Also Like

More From Author

+ There are no comments

Add yours