NASA Kirim Video Kucing dari Antariksa

2 min read

NASA, Senin (18/12), mengumumkan telah mengirim video kucing beresolusi tinggi dengan menggunakan sistem komunikasi laser canggih di pesawat antariksa yang berada 31 juta kilometer dari Bumi.

Meow-vie berdurasi 15 detik, menampilkan seekor kucing oranye bernama Taters. Ini video pertama yang disiarkan dari antariksa, dan menunjukkan kemungkinan untuk mengirim komunikasi dengan kecepatan data lebih tinggi yang diperlukan untuk mendukung misi kompleks seperti mengirim manusia ke Mars.

Video itu dipancarkan ke Bumi dengan menggunakan transceiver laser pada wahana Psyche, yang melakukan perjalanan ke sabuk asteroid utama antara Mars dan Jupiter untuk menjelajahi objek misterius yang kaya akan logam. Ketika mengirim video tersebut, pesawat antariksa itu berada 80 kali jarak antara Bumi dan Bulan.

Sinyal inframerah-dekat yang dikodekan itu diterima Teleskop Hale di Observatorium Palomar Caltech di San Diego County. Dari sana, video dikirim ke Jet Propulsion Laboratory (JPL) NASA di Southern California.

“Salah satu tujuannya adalah mendemonstrasikan kemampuan mengirim video broadband sejauh jutaan mil. Tidak ada apa pun di Psyche yang menghasilkan data video, jadi kami biasanya mengirim paket data pengujian yang dihasilkan secara acak,” kata Bill Klipstein, manajer proyek demo teknologi di JPL.

Misi antariksa selama ini mengandalkan gelombang radio untuk mengirim dan menerima data. Tetapi, bekerja dengan laser dapat meningkatkan kecepatan data sampai 10 hingga 100 kali lipat. [ka/rs]

You May Also Like

More From Author

+ There are no comments

Add yours