Iran Kirim Kapsul Antariksa Berisi Hewan ke Orbit sebagai Persiapan untuk Misi Manusia

1 min read

Iran, Rabu (6/12), mengatakan pihaknya mengirim kapsul antariksa ke orbit yang membawa sejumlah hewan sebagai persiapan untuk misi manusia di tahun-tahun mendatang.

Roket Iran dengan kapsul yang membawa hewan, bersiap sebelum diluncurkan dari lokasi yang dirahasiakan ke orbit, 6 Desember 2023. (Kementerian Pertahanan Iran via AP)


Roket Iran dengan kapsul yang membawa hewan, bersiap sebelum diluncurkan dari lokasi yang dirahasiakan ke orbit, 6 Desember 2023. (Kementerian Pertahanan Iran via AP)

Sebuah laporan oleh kantor berita resmi IRNA mengutip Menteri Telekomunikasi Isa Zarepour yang mengatakan kapsul itu diluncurkan 130 kilometer ke orbit.

Zarepour mengatakan peluncuran kapsul seberat 500 kilogram itu bertujuan untuk mengirim astronaut Iran ke antariksa di tahun-tahun mendatang. Ia tidak menyebutkan jenis hewan apa yang ada di dalam kapsul tersebut. TV pemerintah menayangkan rekaman roket bernama Salman yang membawa kapsul tersebut ke antariksa.

Iran sesekali mengumumkan keberhasilan peluncuran satelit dan pesawat antariksa lainnya. Pada bulan September, Iran mengatakan pihaknya mengirim satelit pengumpul data ke antariksa. Pada tahun 2013, Iran mengatakan telah mengirim monyet ke antariksa dan berhasil mengembalikannya ke bumi.

Iran mengatakan bahwa program satelitnya ditujukan untuk penelitian ilmiah dan aplikasi sipil lainnya. AS dan negara-negara Barat lainnya telah lama mencurigai program tersebut karena teknologi yang sama dapat digunakan untuk mengembangkan rudal jarak jauh. [ab/uh]

You May Also Like

More From Author

+ There are no comments

Add yours