UE Tekankan Agar Israel  ‘Tidak Termakan Amarah’

1 min read

Utusan Tinggi Uni Eropa, Josep Borrell menekankan kepada Israel untuk membuat perbedaan antara Hamas dan rakyat Palestina, dan tidak “termakan oleh kemarahan”.

Borrell berada di Israel, Kamis (16/11) dan mengunjungi kibbutz (pemukiman Israel) yang diserang Hamas.

Berbicara dalam konferensi pers di Tel Aviv, Borrell menyatakan bahwa “satu kengerian tidak membenarkan kengerian lainnya.”

“Hamas harus dikalahkan. Namun Hamas tidak mewakili rakyat Palestina. Hamas adalah satu hal, dan rakyat Palestina adalah hal yang lain. Kita tahu bahwa perang itu mengerikan dan apa yang kita lihat di sini mengerikan. Saya sudah cukup tua untuk melihat banyak tempat mengerikan di dunia yang dilanda peperangan. Dan tidak jauh dari sini adalah Gaza. Warga sipil yang tidak bersalah, termasuk ribuan anak-anak, telah tewas dalam beberapa pekan terakhir. Banyak orang juga terpaksa meninggalkan rumah mereka dan membutuhkan bantuan,” ujarnya.

Utusan tinggi Uni Eropa itu menyampaikan hal tersebut ketika menjawab pertanyaan wartawan bersama Menteri Luar Negeri Israel, Eli Cohen.

Ia menambahkan, dirinya memahami “ketakutan dan penderitaan” Israel, namun “pada akhirnya, keamanan hanya bisa dicapai melalui perdamaian.” [ps/lt]

You May Also Like

More From Author

+ There are no comments

Add yours