Biden Mengutip Tentang Fentanyl, AI, dan Komunikasi Militer Setelah Bertemu Xi 

1 min read

Presiden AS Joe Biden bertemu dengan Presiden China Xi Jinping, Rabu (11/15) di luar San Francisco, tempat para pemimpin ekonomi Asia-Pasifik (APEC) bertemu. Biden yang masih memandang pemimpin China sebagai “diktator” itu mengatakan, keduanya sepakat untuk membangun kembali komunikasi militer, bekerja sama untuk menghadapi ancaman yang ditimbulkan oleh kecerdasan buatan (AI), dan mengambil langkah-langkah penting untuk melawan kecanduan fentanil.

Pertemuan bersejarah antara Timur dan Barat, setelah drama setahun dan diplomasi yang tegang antara Beijing dan Washington.

Gedung Putih memilih tempat di luar San Francisco untuk kunjungan simbolis itu, yang mencakup berbagai isu utama, termasuk soal Taiwan – pulau dengan pemerintahan sendiri yang diklaim oleh China, dimulainya kembali komunikasi militer, perselisihan perdagangan yang sensitif, asal usul bahan-bahan fentanil di China, dan masalah hak asasi manusia.

Banyak orang yang menyaksikan pertemuan itu mengatakan, mereka tidak mengharapkan hasil yang besar, namun merasa senang keduanya bisa berdiskusi. [ps/lt]

You May Also Like

More From Author

+ There are no comments

Add yours