Aktivis Lingkungan Greta Thunberg Tiba di Pengadilan London Usai Ditangkap dalam Protes Bulan Lalu

2 min read

Aktivis iklim Swedia, Greta Thunberg, tiba di Pengadilan Westminster Magistrates London.

Polisi Inggris menahan dan menuduh Thunberg melanggar ketertiban umum bulan lalu bersama sejumlah aktivis iklim lainnya yang berkumpul di luar sebuah hotel di pusat kota London untuk mengganggu konferensi besar industri minyak dan gas.

Kepolisian Metropolitan mengatakan bahwa juru kampanye Swedia berusia 20 tahun itu adalah satu dari 26 orang yang didakwa setelah pengunjuk rasa berkumpul di luar Hotel mewah InterContinental selama Forum Intelijen Energi.

Aktivis iklim Greta Thunberg menari setelah berpidato di depan puluhan ribu orang yang melakukan unjuk rasa di Amsterdam, Belanda, 12 November 2023. (Foto: AP)


Aktivis iklim Greta Thunberg menari setelah berpidato di depan puluhan ribu orang yang melakukan unjuk rasa di Amsterdam, Belanda, 12 November 2023. (Foto: AP)

Thunberg termasuk di antara puluhan pengunjuk rasa yang meneriakkan “uang keluar” dan berusaha memblokir akses ke hotel pada Selasa.

Dia didakwa melanggar bagian dari Undang-Undang Ketertiban Umum yang mengizinkan polisi untuk membatasi pertemuan publik dan dibebaskan dengan jaminan hingga sidang pada 15 November di Pengadilan Westminster Magistrates di London.

Para pengunjuk rasa lainnya yang menghadapi dakwaan juga diberikan jaminan.

Para pengunjuk rasa menuduh perusahaan bahan bakar fosil sengaja memperlambat transisi energi global ke energi terbarukan demi mendapatkan lebih banyak keuntungan.

Mereka juga menentang persetujuan pemerintah Inggris baru-baru ini atas pengeboran minyak di Laut Utara, lepas pantai Skotlandia.

Thunberg menginspirasi gerakan pemuda global yang menuntut upaya lebih kuat untuk melawan perubahan iklim setelah melakukan protes mingguan di luar Parlemen Swedia mulai tahun 2018. Dia baru-baru ini didenda oleh pengadilan Swedia karena tidak mematuhi polisi selama protes lingkungan hidup di Swedia. [ka/ab]

You May Also Like

More From Author

+ There are no comments

Add yours